Kelas 3 SD IPA

Prakiraan Cuaca

1

Tahukah kamu apa prakiraan cuaca itu? Di surat kabar atau televisi sering ditampilkan informasi mengenai prakiraan cuaca. Prakiraan cuaca ini memperkirakan kondisi cuaca pada waktu itu. Kondisi cuaca dapat dinyatakan dengan suhu udara, hujan, atau pun kondisi awan. Apa kegunaan prakiraan cuaca itu?

Bagaimana cuaca di tempatmu saat ini? Panas ataukah dingin? Udara panas dan dingin merupakan bagian dari cuaca. Apakah cuaca itu? Marilah kita pelajari bersama.

A. Keadaan Cuaca

Mengapa siang hari kita merasa kepanasan? Jika malam hari kita merasa lebih dingin? Apa yang menyebabkannya? Hal itu terjadi karena perbedaan cuaca. Cuaca adalah keadaan udara pada suatu daerah dalam jangka waktu tertentu.

Keadaan cuaca dipengaruhi oleh udara di sekitar kita. Udara di sekitar kita juga disebut atmosfer. Panas dan hujan merupakan bagian dari cuaca. Ada beberapa kondisi cuaca, antara lain:

1. Panas

Cuaca panas artinya udara saat itu terasa panas. Kulit merasakan panas karena suhu udara cukup tinggi. Keadaan ini disebabkan matahari bersinar terik. Cuaca panas umumnya terjadi saat musim kemarau.

1

Saat cuaca panas angin yang bertiup juga terasa panas. Badan pun merasa gerah. Oleh karena itu, badan mudah mengeluarkan keringat.

2. Hujan

Hujan terjadi saat musim penghujan. Saat musim ini, hampir setiap hari turun hujan. Sebelum turun hujan, di langit tampak awan tebal berwarna hitam. Saat akan turun hujan, udara terasa panas. Namun, setelah turun hujan udara terasa dingin. Bagaimanakah terjadinya hujan? Coba pelajari proses terjadinya hujan pada gambar berikut!

1

Proses terjadinya hujan sebagai berikut.
a. Matahari memanasi permukaan lautan, sungai, atau danau. Air berubah menjadi uap air. Uap air naik ke udara.
b. Di udara uap air mengembun. Uap air ini akan berubah kembali menjadi titik-titik air.
c. Titik-titik air berkumpul membentuk awan.
d. Gumpalan awan makin tebal. Gumpalan awan yang mengandung titik-titik air jatuh ke bumi dan terjadilah hujan.
e. Air hujan kembali mengisi lautan, danau, atau sungai. Air hujan juga meresap ke dalam tanah.
Banyaknya air hujan yang turun dinamakan curah hujan. Curah hujan disetiap daerah tidak sama. Curah hujan yang tinggi dan terus-menerus dapat menyebabkan banjir.

Keadaan cuaca dapat diamati dengan melihat kenampakan awan. Dengan melihat awan, kamu dapat memperkirakan cuaca. Prakiraan atau ramalan cuaca biasa dikeluarkan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika, disingkat BMG. Berita cuaca sangat penting, terutama bagi penerbangan. Pesawat dianjurkan tidak terbang jika keadaan cuaca sangat buruk. Misalnya akan terjadi hujan lebat atau badai.

Keadaan cuaca dapat digambarkan dengan simbol-simbol. Beberapa simbol cuaca yang biasa digunakan seperti di bawah ini.

1

#Tahukah kamu ???#

1. Awan Sirus
Awan sirus bentuknya seperti bulu dan bergumpal. Awan ini letaknya paling tinggi di antara semua jenis awan. Awan sirus jarang menghasilkan hujan.
2. Awan Kumulus
Awan ini berbentuk gumpalan putih menyerupai bunga kol. Jika disentuh terasa basah. Awan ini terdapat pada ketinggian yang berbeda-beda. Jika berupa gumpalan putih, menandakan cuaca cerah. Jika berupa gumpalan abu-abu atau gelap, menandakan akan terjadi hujan lebat.
3. Awan Stratus
Awan stratus berbentuk lembaran-lembaran tipis mendatar. Awan ini berada pada ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan laut. Jenis awan ini sering menimbulkan hujan gerimis.

B. Cuaca Memengaruhi Kegiatan Manusia

Cuaca dapat memengaruhi kebiasaan dan kegiatan manusia. Ada beberapa kebiasaan manusia yang hanya dilakukan pada cuaca tertentu. Kebiasaan apa sajakah itu? Mari simak dalam materi berikut!

1. Kebiasaan sehari-hari

Apa yang kamu rasakan saat udara panas? Badanmu terasa gerah, kamu pun cepat merasa haus. Kibasan kipas dapat mengurangi rasa gerah di badan. Kamu pun perlu banyak minum agar tidak haus. Kenakan pakaian tipis dan longgar untuk mengurangi rasa gerah. Pilihlah bahan pakaian yang mudah menyerap keringat. Misalnya pakaian dari bahan katun.

1                  1

Saat cuaca panas, matahari bersinar terik. Keadaan ini dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian. Panas matahari juga untuk mengeringkan bahan makanan, misalnya padi dan jagung.

Apa yang terjadi saat udara dingin? Udara dingin biasanya terjadi pada malam hari. Terutama saat musim penghujan. Saat udara dingin biasanya kamu jarang berkeringat. Namun, kamu lebih sering sering buang air kecil. Kenakan pakaian tebal untuk menahan hawa dingin, misalnya jaket atau selimut.

1

2. Kegiatan Sehari-hari

Selain kebiasaan sehari-hari, cuaca juga memengaruhi kegiatan manusia. Misalnya bercocok tanam. Saat musim hujan, petani menanami sawahnya dengan padi. Padi tumbuh baik saat musim hujan karena padi membutuhkan banyak air. Namun, ini hanya berlaku untuk sawah tadah hujan. Sawah tadah hujan hanya mendapatkan air saat musim hujan.

Saat musim kemarau petani mengganti padi dengan tanaman palawija. Tanaman
palawija meliputi jagung, kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau. Musim kemarau
juga baik untuk bertanam tembakau. Para petani tembakau di Temanggung (Jawa Tengah) biasanya menanam tembakau saat musim kemarau. Para petani pembuat garam biasa bekerja saat musim kemarau. Saat musim ini, panas matahari mempercepat peng-uapan air di ladang garam. Dengan demikian, garam cepat diperoleh.

Para pembuat genting, batu bata, dan gerabah juga dapat bekerja saat musim
kemarau. Para pengrajin tradisional ini biasanya mengandalkan panas matahari
untuk mengeringkan hasil pekerjaannya. Manusia terus berusaha menemukan cara mengatasi gangguan kegiatan akibat cuaca. Dengan berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi, sedikit demi sedikit kendala itu dapat diatasi. Pada bidang pertanian telah dikembangkan sistem irigasi. Sawah-sawah mendapat air sepanjang tahun. Dengan cara ini, sawah dapat ditanami padi sepanjang tahun.

11

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s