Tutorial

Cara Membuat Label Undangan dengan Menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel

LABEL UND

“Lain dulu lain sekarang”. Mungkin pada era tahun sebelumnya, masih kebanyakan orang menulis nama-nama tamu undangannya menggunakan tulisan tangan. Namun, beberapa tahun belakangan ini teknologi sudah berkembang pesat sehingga untuk menulis label tamu undangan yang akan diundang, sudah berbasis komputer yakni dengan menggunakan Ms. Word dan Ms Excel. Pada Tutorial kali ini, saya ingin menjelaskan step by step atau langkah-langkah untuk membuat label undangan. Sehingga anda tidak perlu kesulitan lagi untuk menulis sendiri nama-nama tamu yang akan diundang ataupun menggunakan jasa ketik undangan. Pada tutorial ini, saya menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel 2016. Untuk versi dibawahnya seperti 2013 – dst juga sama tutorialnya seperti ini.

Langkah 1

Pada langkah 1 ini kita fokus untuk menulis nama-nama beserta alamat undangan yang akan diundang nantinya.

  1. Buka program Ms. Excel
  2. Setelah  itu, tulislah nama-nama beserta alamat tamu yang akan diundang seperti dibawah ini1-min
  3. Setelah itu simpan file Excel tersebut dalam sebuah folder, dengan nama Data Tamu Undangan atau terserah2-min
  4. Setelah itu tutup/close Program Ms. Excel

Langkah 2

Pada langkah 2 ini kita fokus pada Program Ms. Word, karena kita akan membuat master label. Disini kita akan membuat master label dengan jenis Label 103, langkah yang harus dilakukan adalah :

  1. Buka Program Ms. Word
  2. Setelah itu Klik menu Mailings, Lalu pilih Labels3-min4-min
  3. Klik Options… maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini5-min
  4. Klik New Label…6-minLabel Name isilah sesuai dengan keinginan anda
    Top Margin diukur dari tepi kertas atas sampai ke tepi Label paling atas
    Side Margin dari tepi kertas sebelah kiri sampai ke tepi label paling kiri
    Vertical Pitch dihitung dari tepi atas label baris pertama sampai ke tepi atas label baris kedua
    Horizontal Pitch dihitung dari tepi kiri label kolom pertama sampai ke tepi kiri label kolom kedua
    Label height, tinggi label dihitung dari tepi atas label sampai tepi bawah label. Untuk lebih mudahnya tinggi label ini biasanya tertera di bungkus label yang anda beli,
    Label Width, lebar label dihitung dari tepi kiri label sampai tepi kanan label.
    Number across, diisi dengan banyaknya label dalam satu baris
    Number down, banyaknya label dalam satu kolom
    Page Size, sebaiknya anda pilih ukuran Custom (Catatan: diingat ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas)
    Page Width, lebar ukuran kertas label
    Page Height, tinggi ukuran kertas label
  5. Setelah semua terisi dengan benar, kemudian klik OK7-min
  6. Klik New Document8-min
  7. Setelah itu Ms. Word akan membuka lembar baru seprti di bawah ini9-min
  8. Setelah itu Save file wordnya, (simpan dalam satu folder dengan data Ms. Excel yang telah di buat tadi)10-min

Langkah 3

Pada langkah ini kita akan menyatukan File Excel dan Word yang telah dibuat dan disimpan dalam 1 folder tadi.

  1. Klik Menu Maillings dan Klik Select Recipients dan Pilih Use Existing List11-min
  2. Buka File Excel (misalnya : Data Tamu Undangan) yang sudah di buat tadi. Klik Open12-min
  3. Maka akan tampil kotak dialog Select Table, karena kita tadi menulis nama undangan di Sheet 1, klik Sheet 1 >> OK13-min
  4. Selanjutnya kita memasukan filed ke dalam table yang kita buat dengan cara kita klik Insert Merge Field – Kemudian klik Filed (Nama dan Alamat) satu persatu sesuai dengan posisi yang diinginkan.14-min
  5. Setelah masuk semua maka hasilnya seperti dibawah ini:15-min
  6. Hal yang paling penting yang harus dilakukan adalah kita meletakan Next Record didepan filed nama selain di filed nama pada kolom pertama baris pertama. Klik Maillings >> Rules >> Next Record17-min
  7. Untuk melihat hasil penggabungan data tadi dengan cara mengklik Ikon Preview Results18-minDan hasilnya seperti ini19-min
  8. Jika ingin langsung mengePrintnya. Maka, Klik Finish & Merge Print Document
  9. Pilih All dan OK
    20-minAll, jika kita ingin mengeprint semua

         Current Record, jika kita hanya ingin mengeprint yang di tampilkan di record

         Form..to, jika kita ingin mengeprint dari record ke record berapa.

Catatan: jangan lupa ya ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas.

Sekian tutorial kali ini, apabila ada yang ingin mempost ulang tolong cantumkan alamat sumbernya ya, terimakasih!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s