UN SD · UN SD IPA

Pembahasaan Soal Try Out US IPA SD 2016/2017 Nomor 21 – 30

21. Perhatikan gambar berikut!

blender

Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut saat digunakan adalah . . . .

A. energi gerak C. energi listrik
B. energi bunyi D. energi cahaya

Jawaban A

Berikut ini ialah beberapa contoh perubahan energi:

  1. Energi listrik menjadi energi panas Contohnya solder listrik, setrika , kompor listrik, dan pemanas ruangan.
  2. Energi mekanik menjadi energi bunyi Contohnya bisa dilakukan dengan mengosok-gosokkan kedua telapak tangan sehingga akan terasa panas dan mengosok-gosokkan pipi dengan kedua telapak tangan sehingga pipi menjadi hangat.
  3. Energi mekanik menjadi energi bunyi. Contohnya saat bertepuk tangan dan memukul-mukulkan dua benda keras.
  4. Energi kimia menjadi energi listrik. Contohnya bisa dilihat pada baterai dan aki.
  5. Energi listrik menjadi energi cahaya dan panas. Contohnya pada pijaran bohlam. Kemudian, dekatkan telapak tangan ke bohlam tersebut. Lama-lama, telapak tangan akan terasa panas. Televisi dan komputer juga termasuk contoh perubahan energi ini.
  6. Energi cahaya menjadi energi kimia. Contohnya pada proses pemotretan hingga menjadi sebuah foto dan fotosintesis.
  7. Energi panas menjadi energi gerak. Contohnya bisa dilihat pada kertas nan dipilin akan berputar saat dipanaskan di atas lilin menyala.
  8. Energi kimia menjadi energi panas. Contohnya, berasal dari sumber makanan nan menghasilkan energi panas setelah dimakan. Timbulnya panas ditandai dengan keluarnya keringat setelah makan.
  9. Energi listrik menjadi energi gerak. Contohnya bisa dilihat pada kipas angin dan blender.
  10. Energi cahaya menjadi energi panas. Contohnya bisa dilihat pada pembakaran kertas dengan menggunakan kaca pembesar atau lup.
  11. Energi listrik menjadi energi bunyi. Contohnya bisa dilihat pada tape recorder.
  12. Energi mobilitas menjadi energi listrik. Contohnya bisa dilihat pada dinamo sepeda nan sedang digunakan.

22. Perhatikan gambar berikut!

benda

Benda yang mengalami perubahan energi yang sama adalah . . . .

A. (1) dan (2) C. (2) dan (3)
B. (1) dan (4) D. (3) dan (4)

Jawaban D

23. Berikut yang menunjukkan aktivitas yang menggunakan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari adalah . .

energi_alternatif

Jawaban D

Energi Alternatif ialah energi yang dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai pengganti energi atau bahan bakar konvensional.

  1. Matahari-Energi matahari dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air, sumber energi pada panel surya, mobil tenaga surya
  2. Ombak ( gelombang laut )-Sebagai pembangkit listrik tenaga ombak
  3. Angin-Sebagai pembangkit listrik tenaga angin, penggerak kapal layar
  4. Air-Untuk menggerakan turbin pada pembangkit listrik tenaga air
  5. Panas bumi ( geotermal )- Sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi
  6. Biodiesel/biosolar-Dibuat dengan mengolah biji jarak, minyak sawit, dan minyak dari biji bunga matahari. Biodiesel dimanfaatkan untuk pengganti solar ( bahan bakar mobil dan diesel )
  7. Gasohol- Campuran antara alkohol dengan bensin. Untuk bahan bakar motor ( sebagai pengganti bensin )
  8. Biogas- Dibuat dari pengolahan kotoran hewan dan sampah organik. Digunakan untuk pengganti LPG dan LNG ( pengganti bahan bakar kompor)

24. Mematikan televisi setelah selesai menonton menunjukkan sikap . . .

A. menghemat energi listrik setelah menonton televisi C. menjaga ruangan agar tetap gelap
B. mengurangi polusi suara saat menonton televisi D. waspada terhadap bahaya kebakaran

Jawaban A

Penggunaan alat-alat listrik dilakukan dengan cara penghematan energi (konservasi energi) agar pembayaran rekening listrik setiap bulan ke PLN tidak terlalu besar.

  1. Menggunakan daya listrik sesuai denga kebutuhan (alat listrik yang mempunyai daya kecil)
  2. Menyalakan peralatan listrik hanya saat digunakan saja (mengurangi waktu pemakaian)
  3. Membuka jendela pada siang hari dan tidak menyalakan lampu pada siang hari
  4. Tidak membiarkan alat-alat listrik menyala jika tidak dipakai
  5. Jika menggunakan pompa air otomatis, lengkapilah dengan tangki penampung air.
  6. Pasanglah suatu rangkaian perbaikan faktor daya yang berfungsi memperkecil daya sehingga dapat menghemat biaya yang harus dibayarkan ke PLN

25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibuat bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibuat bercelah adalah untuk . . . .

A. mencegah rel menyusut pada malam hari C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
B. mencegah rel melengkung saat terjadi pemuaian D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada musim hujan

Jawaban B

Setiap benda (padat, cair dan gas) akan memuai jika dipanaskan. Memuai adalah bertambahnya ukuran  benda. Contoh peristiwa pemuaian yang terjadi dalam peristiwa sehari – hari :

  1. Pemuaian pada benda padat. Sambungan pada rel kereta dibuat renggang. Hal ini dibuat dengan tujuan bahwa renggangan tersebut sebagai tempat ruang muai. Karena jika sambungan dibuat rapat maka ketika terjadi pemuaian akibat terik matahari rel akan melengkung.
  2. Pemuaian pada benda cair. Air raksa dalam wadah termometer akan memuai jika terkena suhu tubuh. Akibat pemuaian air raksa tersebut maka akan mendorong angka pencatat termometer.
  3. Pemuaian pada benda gas. Ban sepeda yang telah dipompa jika dibiarkan  secara terus-menerus terkena terik matahari akan meletus. Meletusnya ban sepeda tersebut dikarenakan udara (gas) yang ada dalam ban terus bertambah akibat pemuaian.

Menyusut adalah berkurangnya ukuran benda (padat, cair dan gas) yang disebabkan karena adanya penurunan suhu atau suhu rendah. Penyusutan adalah kebalikan dari pemuaian.

  1. Penyusutan pada benda padat. Kabel telpon pada siang hari mengendur dan pada padi hari esoknya akan mengencang, hal itu karena pada sore hari dan malam harinya ada penurunan suhu.
  2. Penyusutan pada benda cair. Contohnya adalah Ketika agar-agar buatan ibu masih bersuhu tinggi (berbentuk cair) dalam wadah penuh, tetapi setelah adanya penurunan suhu maka ukurannya sedikit berkurang, tetapi volumenya tetap. Penyusutan tersebut karena merapatnya partikel zat cair.
  3. Penyusutan pada benda gas. Pernahkan kamu menyimpan sepada yang bannya telah dipompa pada teras rumah yang terbuat dari keramik dan ban mengempis. Hal ini disebabkan karena penyusutan udara dalam ban.

26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas adalah .

A. sudip kayu C. sendok plastik
B. sumpit bambu D. mencegah hewan lain menjadi parasit di tubuhnya

Jawaban D

Konduktor Panas merupakan benda-benda yang mudah dan cepat mengantarkan panas. Sedangkan Isolator Panas merupakan benda-benda yang tidak mudah dan lambat menghantarkan panas.
Bahan-bahan yang paling sering digunakan untuk membuat alat yang bersifat konduktor dan isolator panas sebagai berikut:

  1. Logam. Panci, penggorengan dan bagian utama setrika terbuat dari logam. Ada berbagai jenis logam. Logam yang paling banyak digunakan untuk membuat alat-alat tersebut yakni besi, aluminium, dan tembaga. Logam merupakan penghantar panas yang baik (konduktor panas).
  2. Kaca. Jika ujung sebuah batang kaca dipanaskan, ujung lainnya akan tetap dingin. Hal tersebut karena kaca tidak menghantarkan panas dengan baik. Kaca merupakan isolator yang baik.
  3. Kayu. Berbagai gagang sudip terbuat dari kayu. Dengan hal tersebut, panas dari minyak goreng tidak menjalar ke tangan kita. Ada pula sudip yang terbuat seutunya dari kayu. Kayu merupakan penghantar panas yang buruk. (Isolator panas).
  4. Kain. Serbet digunakan untuk memegang pegangan panci yang panas. Taplak melindungi meja dari mangkuk yang panas berisi sayur yang baru matang. Serbet dan taplak meja terbuat dari kain yang dapat menahan panas. Kain merupakan pengantar panas yang buruk.
  5. Plastik. Banyak benda yang terbuat dari plastik  untuk menahan panas. Tatakan gelas dan pegangan panci merupakan contoh benda-benda yang terbuat dari plastik yang tahan panas. Plastik merupakan pengantar panas yang buruk.

27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada peristiwa . .

A. ibu menjemur pakaian saat cuaca terik C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
B. koki memasak air dengan panci aluminium D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap

Jawaban A

Kalor (panas) dapat berpindah dengan cara Konduksi, Radiasi dan Konveksi.

  1. Konduksi. Pada konduksi perpindahan energi panas (kalor) tidak di ikuti dengan zat perantaranya. Contohnya saat mengaduk kopi gagang sendok terasa panas.
  2. Radiasi. Merupakan proses terjadinya perpindahan panas (kalor) tanpa menggunakan zat perantara. Contohnya anda bisa melihat bagaimana matahari memancarkan panas ke bumi dan dan mengeringkan pakaian yang basah.
  3. Konveksi. Merupakan perpindahan kalor (panas) yang disertai dengan berpindahnya zat perantara. Contoh konveksi dalam kehidupan sehari-hari dapat anda lihat pada proses pemasakan air. Saat air dimasak maka air bagian bawah akan lebih dulu panas, saat air bawah panas maka akan bergerak ke atas

28. Benda berikut yang dapat meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . .

A. kaca dan logam C. kardus dan kaca
B. karet dan busa D. asbes dan plastik

Jawaban B

Gedung teater memiliki jarak dinding yang dekat sehingga timbul gaung. Oleh karena itu, dinding perlu dilapisi dengan bahan yang lunak sehingga dapat menyerap bunyi dan mengatasi gaung. Bahan yang lunak seperti karet dan busa.

29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang memiliki senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . .

A. dipetik C. dipukul
B. digesek D. digetarkan

Jawaban A

Alat musik jenis Chordophone menggunakan dawai yang dibentangkan secara kuat antara dua titik tertentu. Dawai tersebut kemudian digetarkan untuk menghasilkan suara. Umumnya, alat musik jenis ini memiliki rongga resonansi di bawah dawai-dawainya. Rongga ini berguna untuk memperkuat bunyi yang dihasilkannya. Contoh alat musik jenis ini adalah gitar, biola, harpa, dan piano.

30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut menunjukkan salah satu sifat cahaya, yaitu dapat . . .

A. dibiaskan C. merambat lurus
B. dipantulkan D. menembus benda bening

Jawaban B

Sifat-sifat cahaya
1. Cahaya merambat lurus
Contoh:

  • cahaya senter membentuk garis lurus
  • cahaya mercusuar di pinggir laut membentuk garis lurus

2. Cahaya menembus benda bening
Contoh :

  • cahaya yang menembus kaca/gelas bening.
  • saat kita berjalan di siang hari terlihat bayangan tubuh kita, hal ini karena cahaya hanya menembus benda bening, apabila bendanya tidak bening maka akan membentuk bayangan

3.  Cahaya dapat dibiaskan
Contoh :

  • pensil, paku, pulpen tampak patah saat dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air jernih
  • ikan di akuarium terlihat lebih besar dan dekat
  • kolam/sungai  yang airnya jernih terlihat/terkesan dangkal
  • melihat bintang dengan teleskop
  • melihat benda kecil dengan menggunakan mikroskop atau lup

4. Cahaya dapat dipantulkan
Contoh :

  • bayangan saat kita bercermin
  • bayangan kita di air jernih
  • alat periskop

5.  Cahaya dapat diuraikan
Contoh :

  • terjadinya pelangi
  • gelembung air sabun yang terkena cahaya matahari tampak memiliki beragam warna
  • terjadinya halo yang seakan-akan mengelilingi bulan atau matahari
  • cakram warna yang diputar akan membentuk warna putih

 

untuk soal yang lengkap bisa di download disini

Pembahasan Nomor 1 – 10 >> Nomor 11 – 20 >> Nomor 21 – 30 >> Nomor 31 – 40

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s