UN SD · UN SD IPA

Pembahasaan Soal Try Out US IPA SD 2016/2017 Nomor 1 – 10

1. Ikan kerapu memiliki bentuk kulit yang menyerupai dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi ciri khusus tersebut adalah . . . .

A. melindungi diri dari pemangsa C. memudahkan menemukan pasangannya
B. memudahkan menemukan mangsa D. mencegah hewan lain menjadi parasit di tubuhnya

Jawaban A

Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dengan penampakkan tingkah laku. Adaptasi dilakukan untuk membela diri dari serangan musuh-musuhnya. Contoh adaptasi tingkah laku adalah bunglon dan ikan kerapu yang akan mengubah warna kuitnya sesuai dengan tempatnya.

2. Perhatikan gambar-gambar hewan berikut!

kupu_dan_kolibri

Berdasarkan jenis makanannya, kedua hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .

A. pemakan daun-daunan C. pemakan daging
B. pemakan biji-bijian D. pemakan nektar

Jawaban D

Kupu-kupu dan burung kolibri adalah hewan pemakan nektar

3. Perhatikan rantai makanan berikut!

rantai_makanan

Makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai makanan tersebut adalah . . . .

A. (I): ulat, (II): ular, dan (III): sapi C. (I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
B. (I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elang D. (I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati

Jawaban B

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup untuk kelansungan hidupnya. Dalam ekosistem ini makhluk hidup memiliki perannya masing-masing, mulai dari yang berperan sebagai peroduser, konsumen dan beberapa sebagai dekomposer (pengurai).

  1. Produsen adalah makhluk hidup yang dapat memproduksi zat organik dari zat anorganik. Produsen tidak memakan makhluk hidupnya. Melainkan membuatnya sendiri. Satu-satunya jenis makhluk hidup yang mampu melakukan proses tersebut adalah tumbuhan dengan cara fotosintesis.
  2. Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan tergantung kepada organisme lain. Konsumen mengonsumsi organisme lainnya untuk bertahan hidup. Dalam suatu ekosistem yang berperan sebagai konsumen biasanya adalah hewan. Konsumen dibagi atas beberapa tingkatan dalam suatu rantai makanan. Pertama konsumen primer, yaitu hewan yang memakan tumbuhan (herbivora) secara langsung, contohnya sapi, kelinci, dan lain-lain. Konsumen II (sekunder) yaitu hewan yang memakan konsumen primer (karnivora). Seterusnya konsumen II dimakan oleh konsumen III (tersier). Seterusnya kegiatan makan-memakan berlangsung terus hingga sampai kepada konsumen terakhir atau biasa disebut konsumen puncak. Konsumen puncak adalah tingkatan dari konsumen dimana tidak ada lagi makhluk hidup lain yang memakannya. Seperti singa, beruang, buaya dan tentunya manusia
  3. Dekomposer (pengurai) merupakan pemeran terakhir dalam suatu rantai makanan, dimana organisme ini berperan menguraikan bahan organik menjadi bahan anorganik.

4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut adalah . . .

badut

A. ikan badut akan memakan parasit yang menempel pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa C. ikan badut mendapatkan makanan dari anemon laut, sedangkan anemon laut diuntungkan karena parasit yang menempel dimakan oleh ikan badut
B. ikan badut mendapatkan makanan dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon laut dirugikan karena ikan badut membuang
kotorannya di sekitarnya
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon laut dapat mengakibatkan kematian pada anemon karena anak ikan badut memakan anemon

Jawaban A

Ikan badut akan terlindung dari pemangsanya karena hidup di antara tentakel-tentakel anemon. Anemon akan melindungi Ikan badut dari pemangsa dan Ikan badut akan membersihkan Anemon dengan memakan sisa – sisa makanan Anemon.

5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang dapat dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas adventif, yaitu . . . .

                                                                  Stek Tunas Adventif
A. Mangga Mawar
B. Kangkung Ubi jalar
C. Stroberi Bawang merah
D. Tebu Cocor bebek

Jawaban D

Stek tanaman merupakan salah satu cara perbanyakan tanaman menggunakan teknik perbanyakan vegetatif dengan cara menanam bagian tanaman tertentu yang mampu membentuk akar dengan cepat. Bagian tanaman yang biasa digunakan untuk perbanyakan dengan cara stek ini adalah batang atau cabang, akar, dan anakan. Contoh tumbuhan yang dapat diiakan dengan stek adalah singkong, tebu, dan mawar.

Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh pada bagian-bagian tertentu seperti pada akar, daun, dsb. Contoh tanaman bertunas adventif adalah seperti pohon cemara, kesemek, sukun, cocor bebek dll.

6. Kupu-kupu mencari makanan di lingkungan yang memiliki tumbuhan dengan bunga bermekaran. Cara penyesuaian diri kupu-kupu terhadap lingkungannya adalah . ..

A. bentuk mulut seperti jarum untuk mengambil cairan buah C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
B. bentuk mulut seperti belalai untuk memudahkan mengambil nektar D. bentuk sayap seperti mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga

Jawaban B

Untuk memperoleh makanannya, serangga memiliki cara tersendiri. Salah satu bentuk penyesuaian dirinya adalah bentuk mulut yang bebeda-beda sesuai dengan jenis makanannya. Mulut pengisap pada serangga bentuknya seperti belalai yang dapat digulung dan dijulurkan. Contoh serangga yang memiliki mulut pengisap adalah kupu-kupu. Kupu-kupu menggunakan mulut pengisap untuk mengisap nektar.

7. Melestarikan hutan bakau di kawasan pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan hutan bakau berguna untuk . .

A. mengurangi dampak abrasi pantai oleh hantaman ombak C. mencegah banjir dan tanah longsor saat musim hujan
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir

Jawaban A

Tumbuhan Bakau merupakan Tumbuhan yang hidup di Antara Daratan dan juga lautan, sehingga sangat di pengaruhi oleh pasang surut, tentu saja dapat dengan mudah kita jumpai di Pertemuan antara Muara sungai dan Air laut, Nah anda mau tau lebih dalam lagi mengenai Tumbuhan bakau ini silahkan lihat di bawah ini. Manfaat Tumbuhan Bakau

  1. Mengurangi dampak abrasi air laut
  2. Menjernihkan air
  3. Mengawali rantai makanan
  4. Melindungi dan memberi nutrisi
  5. Bahan Pembuat Obat-obatan

8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di kawasan perkotaan adalah . . .

A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk C. membangun lapangan di pusat kota
B. membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur D. menebang pepohonan di jalur hijau

Jawaban B

Menyelamatkan kota dari banjir besar bukan hanya karena berarti menyelamatkan harta benda pribadi, namun juga menyelamatkan wajah bangsa ini di mata dunia.langkah-langkahnya sebagi berikut

  1. Membuat lubang-lubang serapan air Berkurangnya lahan resapan air dan penggunaan air tanah yang sangat berlebihan menyebabkan turunnya permukaan air tanah.
  2. Memperbanyak ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau yang ideal adalah 30 % dari luas wilayah.
  3. Mengubah perilaku masyarakat agar tidak lagi menjadikan sungai sebagai tempat sampah raksasa
  4. Membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur sehingga air dapat mengalir lancar.

9. Manfaat batang tebu bagi manusia adalah . . .

A. bahan baku industri sirop dan gula pasir C. bahan baku pembuat atap rumah
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan D. bahan baku pembuatan sampan

Jawaban A

Tebu merupakan tanaman penghasil gula yang dapat digunakan untuk bahan baku industri sirop dan gula pasir

10. Perhatikan skema daur hidup hewan berikut!

metamorfosis

Tahapan metamorfosis hewan yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka .

A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)

Jawaban D

Ada 4 tahap dalam yang harus dilalui seekor kupu-kupu dalam proses metamorfosis yang dilaluinya.

  1. Metamorfosis kupu kupu diawali dengan fase telur. Induk betina kupu-kupu, setelah terbuahi ia akan bertelur dan meletakan telurnya tersebut di dedaunan.
  2. Dalam metamorfosis kupu kupu, fase larva atau ulat kupu kupu akan melewati beberapa tahapan pergantian kulit. Pada fase larva ini biasanya sangat merugikan manusia.
  3. Fase pupa atau disebut juga fase kepompong adalah tahap peristirahatan pada proses metamorfosis kupu kupu dari fase larva ke fase imago (kupu kupu dewasa). Sutra dihasilkan kepompong ulat sutera. Sutera merupakan bahan pembuat kain.
  4. Pasca keluar dari selubung pupa, kupu-kupu biasanya tidak akan langsung terbang. Ia akan merangkak ke atas bagian pupa dan mengeringkan sayap-sayapnya yang basah dan kusut karena cairan yang terikut dari dalam pupa.

 

untuk soal yang lengkap bisa di download disini

Pembahasan Nomor 1 – 10 >> Nomor 11 – 20 >> Nomor 21 – 30 >> Nomor 31 – 40

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s