Tutorial

Macam-macam WordPress

Macam-macam WordPress

1. WordPress.com

WordPress.com adalah media bagi para blogger untuk membuat blog gratisan berbasis wordpress. Seperti blog gratisan lain yang hanya diberi subdomain .wordpress.com.

Meski dalam hal ini masih diberi kesempatan untuk memodifikasi theme yang terdapat sekitar 100 theme dari berbagai pengembang yang bisa dipilih, dan juga tidak diizinkan menyimpan link afiliasi dan iklan, juga tidak diperbolehkan penggunaan javascript. WordPress.com hanya dikhususkan bagi blogger yang ingin menulis saja tanpa embel-embel jualan.

WordPress.com bisa jadi awalan yang baik bagi yang tertarik ngeblog menggunakan wordpress dengan hosting sendiri karena dapat mengenal habit wordpress. Banyak juga blogger yang terkenal yang bermula dari wordpress.com.

2. WordPress.org

WordPress.org adalah sebuah media tempat para pengembang wordpress sharing tentang ilmu mereka yang meliputi theme, forum, plug in dan serba-serbi wordpress dan yang paling penting adalah dapat mendownload CMS wordpress yang bisa diinstal di localhost maupun di hostingan.

Semua keterbatasan blog di wordpress.com tidak berlaku  pada cms wordpress ini. CMS inilah yang merupakan produk awal wordpress sekaligus melambungkan nama wordpress. Istilah “Wordpress Berbayar” sebenarnya kurang tepat karena wordpress tetap gratisan, yang bayar adalah hostingnya.

3. WordPressMU

WordPressMU digunakan jika ingin menyediakan blog wordpress gratisan bagi bloger lain. Blogger yang mendaftar nantinya akan diberi nama subdomain dari domain utamanya. Contoh seperti : bloguser.namadomain.com.

WordPress.com sebenarnya adalah tipe wordpress jenis ini. Yang berada di Indonesia contoh blog pengguna wordpressMU dalah blogdetik.com. jika mendaftar sebagai pengguna (user) disebuah situs berbasis wordpressMU seperti blogdetik, akan mendapat subdomain seperti di wordpresss.com. hanya saja, kelebihannya adalah kita bebas memasang iklan dan link affiliasi serta javascript yang diperbolehkan.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s